echopediaboy tips dan trik blogspot

Selasa, 06 November 2012

Berita Heboh Tentang Promosi " TKI On Sale " Di Malaysia

 

Jakarta, GATRAnews - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat di Jakarta, Senin, (29/10), mengecam keras pihak penyebar iklan yang menawarkan jasa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) di Malaysia. Jumhur menegaskan, iklan yang mempromosikan dan memberikan diskon bagi peminat atau "TKI On Sale" itu, tak pantas disampaikan siapapun di negeri jiran tersebut. Pasalnya, pemerintah Indonesia masih menghentikan penempatan TKI PLRT di Malaysia.

Selain itu, promosi atau iklan yang menawarkan TKI PLRT juga tidak pantas dilakukan oleh pihak mana pun di Malaysia. Sebab, hal itu dapat mengganggu langkah perbaikan pelayanan penempatan TKI dari kedua pihak yang hingga saat ini terus diupayakan, selain dipandang tindakan tidak terpuji dalam memperlakukan keberadaan TKI PLRT secara bermartabat.

"TKI itu tidak identik dengan barang yang sekadar mendahulukan kebutuhan pasar, mengingat terdapat aspek lain yang sangat penting untuk diwujudkan yaitu pelayanan perlindungan oleh pengguna maupun pemerintah di negara tujuan," ujarnya. Akibat pemasangan iklan itu, Jumhur mengaku secepatnya melayangkan surat resmi ke Perwakilan RI guna dilakukan protes dalam bentuk keberatan diplomatik oleh KBRI Kuala Lumpur. "Bila tidak ada tindakan tegas dari pemerintah Malaysia terhadap iklan itu, maka tidak mustahil pelaksanaan moratorium akan ditingkatkan menjadi kebijakan penghentian TKI PLRT secara permanen ke Malaysia," tandasnya.

Jumhur memaparkan, pemerintah baik pusat dan daerah, kini tengah menata ke arah penghentian penempatan TKI yang berstatus PLRT. Upaya itu utamanya diiringi dengan menitikberatkan pembangunan potensi ekonomi daerah, sehingga bisa lebih banyak menyerap tenaga kerja dan sekaligus mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat yang bergantung pada kemajuan perekonomian di daerahnya.

Jumhur meradang setelah Direktur Migrant Care, Anis Hidayah menemukan iklan dari sebuah agen penyalur tenaga kerja asal Indonesia di Malaysia yang isinya bernada negatif. Di iklan tersebut tertulis, tenaga kerja asal Indonesia sedang 'diskon', yakni "TKI On Sale"

Iklan yang tersebar di wilayah Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia itu, menawarkan jasa pembantu dari Indonesia dengan harga miring alias murah. Isi lengkap iklan tersebut, "Indonesian maids now on Sale. Fast and Easy application. Now your housework and cooking come easy. You can rest and relax. Deposit only RM 3,500 price RM 7,500 nett."

Menurut Anis, iklan tersebut menganggap sudah terjadi praktik human trafficking atau perdagangan manusia. Bila terus dibiarkan, dia khawatir akan membuat nasib TKI semakin buruk.(IS)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops