echopediaboy tips dan trik blogspot

Senin, 26 November 2012

Sebuah Pulau Misterius Yang Hilang dari Peta Dunia


Seperti yang kita ketahui bahwa peta dibuat untuk menunjukkan dataran dan perairan apa saja yang ada di muka bumi ini. Namun bagaimana bila ada pulau yang terdaftar dalam setiap peta di dunia ini, namun tidak dapat dibuktikan keberadaannya? Yuk cari tahu pulau apakah itu.
Bila sebuah dataran tergambar dan tercantum di setiap peta di dunia, tentu saja JBers bisa berkunjung ke pulau tersebut walaupun sekecil apapun. Namun bagaimana bila pulau tersebut tiba-tiba menghilang? Inilah yang terjadi pada sebuah pulau di Laut Coral, yang berada di tengah-tengah Australia dan Kaledonia Baru yang dikuasai Prancis.
Pasalnya, beberapa ilmuwan Australia tidak dapat menemukan Pulau Sandy yang misterius tersebut. Padahal pulau tersebut ada di dalam peta dunia dan juga mesin pencarian Google, baik Google Earth dan Google Maps. Para ilmuwan yang beranggotakan  Dr. Maria Seton dari University Sydney ini melakukan ekspedisi untuk mencarinya dengan menggunakan sebuah kapal. Namun mereka tidak dapat menemukan Pulau yang disebut dengan Pulau Sable tersebut di dalam atlas ’The Times Atlas of the World ’. Padahal peta cuaca yang digunakan sebuah kapal penyelidikan maritim Australia, Southern Surveyor  pun mengkonfirmasikan keberadaanya.
Para ilmuwan dari Universitas Sydney tersebut mengatakan bahwa mereka hanya menemukan perairan sedalam 1.400 meter  di Lautan Coral itu. Tidak ada pulau sama sekali di sana, padahal Pulau Sandy ini hadir di berbagai atlas yang terbit mulai dari 10 tahun yang lalu. Alasan mereka ingin meneliti Pulau Sandy adalah karena peta navigasi di kapal menunjukkan kedalaman perairan tempat pulau misterius tersebut mengapung adalah  1.400 meter. Dimana kedalaman seperti itu termasuk kategori perairan yang sangat dalam. Alhasil, perjalanan yang mereka tempuh selama 25 hari itu tidak dapat membawa mereka ke Pulau Sandy.
Hal ini sempat membuat Maria dan timnya merasa penasaran. Setelah mereka melakukan riset, mereka dapat menyimpulkan bahwa semua ini adalah kesalahan manusia. Koran-koran Australia melaporkan pulau Sandy yang terletak di perairan Perancis ini tidak tercantum dalam peta Pemerintah Prancis. Badan Hidrografi Australia mengatakan bahwa keberadaan pulau itu di Google Earth kemungkinan karena kesalahan orang yang tidak diperbaiki selama bertahun-tahun. (web.orange.co.uk/jow)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops