echopediaboy tips dan trik blogspot

Kamis, 08 November 2012

50 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2012 Versi Webometrics


Setelah bulan lalu, 4ICU mengumumkan pemeringkatan terhadap 11.000 perguruan tinggi pada 200 negara di dunia, kini giliran Webometrics untuk mengumumkan nama-nama universitas/institut/politeknik terbaik di dunia yang dirilis pada semester pertama di tahun 2012.
Seperti yang kita ketahui bersama, baik 4ICU maupun Webometrics adalah lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia. Pemeringkatan tersebut dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun, biasanya pada bulan Januari/Februari dan bulan Juli setiap tahunnya.
Kedunya, baik 4ICU maupun Webometrics dalam memberikan peringkat perguruan tinggi secara online pada situs website perguruan tinggi yang bersangkutan. Parameter pemeringkatan oleh 4ICU berdasarkan kepopuleran website perguruan tinggi dilihat dari Google PageRank, Yahoo Inbound Links dan Alexa Traffic Rank. Sedangkan untuk Webometrics, dilakukan berdasarkan keunggulan publikasi eektronik masing-masing website perguruan tinggi.
Webometrics membagi empat indikator penilaian, yaitu Size, Visibility, Rich Files dan Scholar. Size adalah jumlah halaman publikasi elektronik yang dimuat pada masing-masing situs (domain) perguruan tinggi, Visibility adalah jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi, Rich Files adalah relevansi publikasi elektronik dengan kegiatan akademik, dan Scholar atau jumlah publikasi yang bermutu ada situs website perguruan tinggi yang dinilai.
Untuk 10 besar tingkat dunia, dihuni oleh perguruan tinggi asal Amerika Serikat. Antara lain, (1) Harvard University, (2) Massachusetts Institute of Technology, (3) Stanford University, (4) University of Michigan, (5) University of California Barkeley, (6) Cornell University, (7) Michigan State University, (8) University of Wisconsin Madison, (9) University of Washington dan (10) University of Pittsburgh. Selengkapnya lihat penilaian di bawah ini:
Sedangkan Yale University pada peringkat 21, University of Florida peringkat 23, Cambridge University peringkat 24, University of Oxford peringkat 33, University of Tokyo peringkat 39 dan University College of London peringkat 41. Karena itu, hasil pemeringkatan oleh Webometrics ini tidak berbeda jauh dengan pemeringkatan yang dilakukan 4ICU bulan lalu (klik di sini).
.
50 Besar Universitas Terbaik di Indonesia
Untuk universitas terbaik di Indonesia, tidak berbeda jauh pula dengan hasil pemeringkatan oleh 4ICU, yang menempatkan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai peringkat pertama, disusul Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI). Selengkapnya, berikut daftar 50 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2012:
.
Sumber: webometrics.info

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops