echopediaboy tips dan trik blogspot

Jumat, 21 Desember 2012

Inilah 10 Negara Paling Terdidik Versi Education at a Glance 2012’


Headline
 
 Jakarta – Jumlah orang terdidik di seluruh dunia kian banyak, meski beberapa kawasan digempur krisis ekonomi. Negara mana saja yang tingkat pendidikannya tertinggi?
Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) dalam laporan bertajuk ‘Education at a Glance 2012’ menyampaikan kalkulasi proporsi penduduk dengan pendidikan perguruan tinggi atau setara, di 34 negara anggotanya.
Berdasarkan laporan ini, bisa ditarik kesimpulan 10 negara dengan proporsi tertinggi orang dewasa dengan pendidikan perguruan tinggi atau setara. Negara-negara ini fokus di masalah pendidikan, sehingga memiliki populasi paling teredukasi sedunia.
Menempati posisi ke-10 adalahIrlandia, dengan populasi teredukasi mencapai 37%. Pada dekade 2000-2010, jumlah penduduk terdidik di negara ini meningkat rata-rata 7,3% per tahun atau tercepat diantara semua negara.
KemudianAustraliadengan 38%, yang menjadi salah satu tempat belajar pilihan untuk siswa internasional. Sebab itulah jumlah pelajar baru di negara ini merupakan yang terbanyak diantara negara-negara yang disurvei.
Dengan jumlah yang sama,Finlandiaberada di posisi selanjutnya. Negara ini mengalokasikan 6,4% PDB 2009 untuk pendidikan. Sebanyak 97,6% dana pendidikan berasal dari pemerintah atau yang terbanyak di daftar ini.
Inggrisjuga dengan 38% penduduk terdidik, berada di peringkat ke-7. Sebanyak 16% dari pelajar di Inggris merupakan warga negara asing. Terjadi peningkatan sumber dana pendidikan dari sumber swasta, yakni 31,1% dari 14,8% per 2009.
Negara Asia,Korea Selatan (Korsel)berada di tempat selanjutnya dengan 40% penduduk terdidik. Pada dekade 2000-2010, jumlah penduduk yang kuliah atau setara, naik dari 24% ke 40%. Alokasi dana pendidikan sebesar 3,1% PDB.
Sebanyak 41% pendudukSelandia Baruterdidik, menyebabkan negara ini juga menjadi acuan pelajar asing yang mencapai 14,2% pelajar baru per 2010. Negara kecil ini juga memimpin dalam pengajaran ilmuwan, dengan 16% pelajar memilih bidang itu.
Negara adidayaAmerika Serikat (AS)berada di tempat selanjutnya, dengan 42% penduduk terdidik. Meski jumlah lulusan turun, Amerika adalah salah satu negara yang paling besar alokasi dana pendidikannya, dan sebagian besar dari sumber swasta.
Jepangdi posisi ketiga, dengan 45% populasi terdidik dan 1,6% dana PDB untuk pendidikan. Negeri Matahari Terbit ini juga memiliki tingkat lulusan SMU yang tinggi, yakni 96% atau terbaik kedua. Sayang, lulusan di Jepang sedang kesulitan mencari kerja.
Posisirunner-upadalahIsrael, dengan 46% penduduk teredukasi. Israel baru bergabung dengan OECD pada 2010 lalu, meski PDB-nya jauh di bawah rata-rata OECD. Namun, tingkat lulusan SMU Israel mencapai 92% pada tahun itu, di atas rata-rata OECD (84%).
Negara dengan penduduk paling terdidik adalahKanada, mencapai 51% atau lebih dari setengahnya. Meski alokasi dana pendidikan tak banyak, hanya 6,1% dari PDB, negara ini memimpin daftar. Kanada juga tak menarik minta pelajar internasional, hanya 6,6%

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops