echopediaboy tips dan trik blogspot

Kamis, 18 September 2008

Buat kamu yang sering nulis artikel, skripsi, dan tulisan panjang lainnya, Microsoft Word adalah aplikasi yang sangat cocok buat pekerjaan tersebut. Berbagai fasilitas disediakan tim Microsoft untuk memanjakan penggunanya. Tinggal kita aja lagi yang kurang atau ga tau fungsi2 di dalam Ms. Word. Apalagi kalaw tulisannmu “dihadang” deadline. Nah aku punya tips khusus supaya kamu bisa ngetik dengan cepat di Ms. Word. Ga usah pake motto “sepuluh jari”….

Lumayan, waktu ngetikmu jadi sedikit berkurang. Apalagi bagi kamu yang hobi sms-an. Pasti sering kan menggunakan kata2 singkatan kaya “yg=yang”, “dgn=dengan”, “byk=banyak”, dll. Nah gunakanlah fasilitas Auto Correct pada Ms. Word.

Klik MenuTools → Auto Correct Options. Nah tinggal berkreasi sesukamu. Pada kotak “Replace”, isi dengan singkatan, misalnya “pkj”. Pada kotak “With” isi dengan kata yang benar (kepanjangannya), misalnya “pekerjaan”. Selanjutnya klik “Add”. Jangan lupa memberi tanda check pada “Replace text as you type”.

Jadi, pas kamu nulis kata “pkj” maka akan langsumg berubah menjadi “pekerjaan”. Benar-benar efektif kan?!

Selain itu kamu juga bisa menyingkat kata ulang, misalnya : “kira-kira” atau “jalan-jalan”, bisa kamu singkat menjadi “kr2” dan “jln2”.

Metode ini berguna banget saat kamu sering menggunakan kata yang sama. Kelemahan metode ini adalah kalo kamu membuat singkatan yang memiliki kepanjangan lain. Misalnya, kamu menggunakan kata “dr” untuk menyingkat kata “dari”. Maka saat kamu (suatu saat) menulis kata “dr. Wahyudi” (dr = dokter), maka “dr”-nya juga berubah. Jadi, saranku, hindari menggunakan singkatan yang memiliki kepanjangan lain.

Oke deh, selamat mengetik.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops