echopediaboy tips dan trik blogspot

Selasa, 15 Juli 2008

Virus-Virus Berbahaya Pada Computer

Virus-Virus Berbahaya Pada Computer, 25 Tahun Terakhir.

Sejak dikembangkannya pada era 80-an, computer membantu kerja manusia pada banyak bidang. Seiring bertambahnya kemampuan, “penyakit” yang menyerangpun semakin beragam. Penyakit yang lazim disebut virus itu juga semakin “kreatif”. Berikut daftar virus yang menghebohkan pada zamannya.



1. ELK Cloner, 1982.



Virus computer ini yang kali pertama menyebar keseluruh dunia. mengkopi dirinya sendiri melalui floppy disk yang diakses computer dengan OS Apple II. Efeknya memang tidak sedahsyat virus-virus sekarang namun cukup menggangu.

Virus ini menyebar begitu floppy yang terinfeksi di buka. Sewaktu terkopi untuk ke-50 kali, dilayar tampil puisi pendek yang cukup konyol bikinan pembuatnya. Mau tau siapa? Dia adalah remaja berumur 15 tahun bernama Rick Skrenta.



2. Brain, 1986.



Virus pertama yang menyerang DOS. Punya nama lain Lahore, Pakistan, Pakistan Barat, Brain A, UIUC, serta the Pakistan Flu. Pembuatnya adalah dua bersaudara asal Pakistan, Basit dan Amjad farooq Alvi, yang juga pemilik tempat servis computer.

Brain mengganti boot sector dengan kopi dirinya. Efeknya, kerja floppy disk drive jadi lambat dan 7 kylobyte memori terbuang.versi terakhir virus itu menampilkan nama, alamat dan nomor telepon Alvi bersaudara. Juga pesan bahwa computer sedang terkena virus. Untuk menyembuhkan hubungi si pembuat virus.



3. Morris, 1988.



Muncul ketika penggunaan komersial internet mulai marak. Dibuat Robert Tappan Morris, Mahasiswa cornell University. Sekali menyerang, virus itu tidak mengakibatkan kerusakan. Namun, ketika terinfeksi berkali-kali, computer sama sekali tidak bisa digunakan. Parahnya, area penyebaran virus tersebut sangat luas. Diantara 60 ribu unit computer yang terhubung ke internet, 10 persen bisa dipastikan terjangkit virus itu.



4. Melissa, 1998.



Bikinan David L. Smith asal New jersey. Punya nama lain Mailissa, Simpsons, Kwyjibo, atau kwejeebo. Bekerja pada computer dengan word processor Microsoft Word 97 dan Word 2000.

Menggadakan diri dengan meng-email dirinya sendiri kebanyak pengguna internet melalui Microsoft Outlook 97 atau Outlook 98.



5. Love Big, 2000.



Terkenal dengan nama I LOVE YOU. Berformat VB-Script, kali pertama ditemukan di Hongkong dan menyebar keseluruh dunia hanya dalam sehari. Menyebar lewat email serta mengeksploitasi sifat dasar manusia yang selalu ingin tahu. Karena subject email adalah I LOVE YOU, sebagian besar dipastikan tertarik membuka.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops